Lirik Lagu Sinopsis Film hjjj
Blackberry LG Mobile Nokia Samsung Sony Ericsson
Klasemen L.Italia Klasemen L.Inggris Jadwal Liga Italia Jadwal Liga Inggris Hasil Liga Champions
Resto Enak di Jakarta Resto Romantis di Jkt Hokben Delivery Bakmi GM Delivery PHD - Pizza Hut
SMS Ultah SMS Malam Minggu SMS Cinta SMS Putus Cinta SMS Imlek Kata-Kata Mutiara Cinta
Tip Facebook Daftar Twitter Tip Ponsel Tip Blog Tip UAN Tip Download

Gunung Merapi Meletus, Mbah Maridjan Diimbau Ikut Turun

Advertisement

Gunung Merapi Meletus Muntahkan Wedhus Gembel, Mbah Maridjan Diimbau Ikut Turun - Warga Lereng gunung dikagetkan dengan meletusnya Gunung Merapi diawali dengan awas panas Merapi muncul pada pukul 17.02 dan 17.23 WIB. Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi meminta proses pengungsian warga di radius 10 kilometer dari puncak Merapi untuk dipercepat. Sebab Gunung Merapi sudah erupsi yang ditandai dengan keluarnya awan panas.


“Karena Merapi sudah pada fase erupsi dengan munculnya awan panas atau wedhus gembel maka masyarakat atau penduduk yang berada pada kawasan rawan bencana III Merapi harus segera dievakuasi,” kata Surono, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Selasa, 26 Oktober 2010.

Selain mempercepat proses pengungsian dipercepat, pihaknya juga meminta masyarakat di sisi utara puncak Merapi yaitu masyarakat Kabupaten Boyolali, juga diungsikan. Karena dalam rekomendasi kemarin, hanya masyarakat tiga kabupaten yang diungsikan yaitu Sleman (DIY), Klaten dan Magelang (Jateng).

Apa kabar Mbah Maridjan? Apakah juru kunci Merapi bergelar Raden Ngabehi Surakso Hargo itu ikut turun gunung?

"Wah saya kurang tahu soal itu, tapi kita prinsipnya, semua diminta untuk turun," kata Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu saat berbincang dengan salah satu media, Selasa (26/10/2010) pukul 18.30 WIB.

Yuni berharap, Mbah Maridjan yang tinggal 5 km dari puncak Merapi itu bersedia mengikuti imbauan agar mau diungsikan ke barak. Namun jika pria yang kini top menjadi bintang iklan minuman energi itu tetap menolak, Yuni tidak bisa berbuat apa-apa.

"Tergantung kepercayaan Mbah Maridjan, kalau mau ya ayo turun ke pengungsian. Tapi kita usahakan semua dievakuasi," kata Yuni.

Merapi mulai memuntahkan awan panas sekitar pukul 17.30 WIB. Hingga kini, awan panas masih terus dikeluarkan oleh gunung berapi teraktif di dunia itu.

Warga setempat menyebut awan panas sebagai wedhus gembel karena bentuknya seperti bulu wedhus (kambing). Suhu Wedhus gembel mencapai 600 derajat Celcius.(Detik.com)

>

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright Blogger Mania © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.
My Zimbio