Lirik Lagu Sinopsis Film hjjj
Blackberry LG Mobile Nokia Samsung Sony Ericsson
Klasemen L.Italia Klasemen L.Inggris Jadwal Liga Italia Jadwal Liga Inggris Hasil Liga Champions
Resto Enak di Jakarta Resto Romantis di Jkt Hokben Delivery Bakmi GM Delivery PHD - Pizza Hut
SMS Ultah SMS Malam Minggu SMS Cinta SMS Putus Cinta SMS Imlek Kata-Kata Mutiara Cinta
Tip Facebook Daftar Twitter Tip Ponsel Tip Blog Tip UAN Tip Download

One Day No Rice Kampanye Hari tanpa Nasi

Advertisement

One Day No Rice "Hari tanpa Nasi" - Kampanye satu hari tanpa beras atau 'one day no rice' merupakan Slogan yang diusung Pemerintah Republik Indonesia mendapat tanggapan yang beragam. Tentu saja hak setiap orang untuk mengemukan segala pendapat, analisa serta pemikiran sesuai dengan tingkat intelektual mereka. Pandangan yang sinis dan menolak terhadap Slogan dan Kampanye One Day No Rice atau Sehari Tanpa Nasi terus bergulir, hal tersebut merupakan hal yang wajar, ditengah kelesuan produksi beras yang mampu dihasilkan para petani di negeri ini.

Apakah Program Kampanye Slogan One Day No Rice ini, bukan suatu usaha dan upaya untuk menghindar dari ketidakmampuan kita menghasilkan produk beras yang cukup? Tentu saja kita belum bisa memastikannya. Hanya saja Kampanye One Day No Rice tersebut, sepertinya satu slogan yang terlalu diada - adakan saja. Argumen apapun yang dilontarkan, tak akan dan bisa diterima oleh orang yang tidak setuju dan punya pandangan yang berbeda terhadap Progran atau Kampanye One Day No Rice itu.

Apa sebenarnya maksud dan tujuan dari One Day No Rice itu, sepertinya tak bisa saya mengerti dan terima. Namun tentu saja banyak yang setuju dan mendukung progran One Day No Rice yang sekarang ini cukup membuat heboh masyarakat kita.

Pemerintah akan terus menggalakkan Kampanye sehari tanpa nasi atau 'one day no rice'. Menteri Pertanian Suswono mengimbau masyarakat tidak menunggu kena penyakit diabetes dulu baru mengurangi konsumsi nasi.

"Jangan menunggu sampai kena diabet, baru tidak makan nasi," kata Suswono dalam acara seminar dan lokakarya nasional sagu di Bogor, Jawa Barat, Kamis (14/10/2010).

Menurut Suswono, kampanye 'one day no rice juga akan mendukung ketahanan stok dan diversifikasi pangan. Bahkan dengan mengkonsumsi pangan yang beragam bisa menjadi perbaikan gizi masyarakat.

Ia berharap kampanye ini bisa diikuti masyarakat dengan tidak memakan nasi satu hari dalam satu minggu bagi masyarakat. Caranya pun tidak harus dilakukan sehari penuh namun porsi nasi bisa dikurangi satu porsi sehari. Sehingga dalam waktu tiga hari setara dengan tak makan nasi sehari.

Suswono menolak tudingan kampanye ini merupakan program dadakan. Menurutnya, kampanye 'one day no rice' merupakan bagian dari memperingati hari pangan dunia 16 Oktober 2010. Ia meyakini kesuksesan dari kampanya ini akan baru terlihat dalam beberapa waktu tahun ke depan.

"Momen ini kita gunakan untuk mengkampanyekan," katanya.

Suswono mengungkapkan, saat ini konsumsi beras masyarakat Indonesia per tahunnya mencapai 34 juta ton, sementara produksi sedikit diatas konsumsi kurang lebih diperkirakan tahun ini 38 juta ton.

Seperti diketahui pemerintah tengah mengkampanyekan mengurangi konsumsi nasi masyarakat dengan kampanye 'Sehari Tanpa Nasi' atau 'One Day No Rice'. Di berbagai daerah gerakan 'One Day No Rice' sudah bergulir selama setahun ini seperti di NTT, NTB, Sulut, Maluku Utara, Sumatera.

Kepala Pusat Konsumsi dan Keamanan Pangan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Mulyono Machmur mengatakan gerakan mengurangi makan nasi merupakan bagian upaya pemerintah mensukseskan diversifikasi pangan nasional. Hal ini agar ketergantungan pangan pada nasi/beras tidak terlalu tinggi sehingga stabilitas pangan bisa tetap terjaga.

Mulyono menuturkan pada era tahun 1950-60-an ketergantungan pangan masyarakat Indonesia pada nasi atau beras masih sebesar 53%, namun kini ketergantungan itu semakin tinggi hingga 92-95%.

Alasan dan argumentasi yang dilontarkan oleh Pak Mulyono di atas Kampanye Sehari Tanpa Beras telah mengundang reaksi yang sangat beraneka ragam dari masyarakat. Program One Day No Rice diterjemahkan sebagai ketidakmampuan pemerintah dalam meningkatkan swasembada pangan tak bisa dihindari. Kita lihat saja dan ikuti One Day No Rice Program itu kelanjutannya!

>

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright Blogger Mania © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.
My Zimbio