Lirik Lagu Sinopsis Film hjjj
Blackberry LG Mobile Nokia Samsung Sony Ericsson
Klasemen L.Italia Klasemen L.Inggris Jadwal Liga Italia Jadwal Liga Inggris Hasil Liga Champions
Resto Enak di Jakarta Resto Romantis di Jkt Hokben Delivery Bakmi GM Delivery PHD - Pizza Hut
SMS Ultah SMS Malam Minggu SMS Cinta SMS Putus Cinta SMS Imlek Kata-Kata Mutiara Cinta
Tip Facebook Daftar Twitter Tip Ponsel Tip Blog Tip UAN Tip Download

Idul Adha 2010 Dan Penetapan 1 Dzulhijjah 1431

Advertisement

Idul Adha 2010 Dan Penetapan 1 Dzulhijjah 1431, Hari Raya Idul Adha tahun ini 2010 / 1431 H berpotensi tidak serempak. Hal ini disebabkan banyaknya perbedaan dalam penetapan 1 Dzulhijjah 1431.

Masyarakat awam pun binggung ketika mendengar kemungkinan adanya perbedaan dalam menetapkan Idul Adha sebagian umat Islam langsung mengarahkan telunjuknya kepada dua ormas Islam, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Kedua ormas Islam tersebut sudah menetapan tanggal 1 dzulhijjah sebelumnya akan tetapi Menteri Agama (Menag), Suryadharma Ali bersama perwakilan ormas Islam dan pakar astronomi yang mengadakan sidang istbat hari ini senin 08 November 2010 dan mengumumkan pada hari ini juga.


Akhirnya Masyarakat Indoneisa bisa lega dan gembira khususnya bagi umat muslim di Indonesia, dengan keluarnya keputusan Kementerian Agama menetapkan 1 Zulhijah atau Idul Adha 1431 Hijriyah jatuh pada 17 November 2010. Hal itu diputuskan melalui sidang isbat yang digelar Badan Rukiyah dan Hisab Kementerian Agama di Jakarta, Senin (8/11).

Meskipun keputusan itu berbeda dengan Pengurus Pusat Muhammadiyah yang menetapkan 16 November sebagai Idul Adha. Rukyat merupakan salah satu upaya pemerintah menjembatani dan mempertemukan perbedaan metode isbat di antara umat Islam Indonesia.

Sebelumnya organisasi kemasyarakatan Islam telah mengumumkan pelaksanaan Idul Adha. PP Muhammadiyah menetapkan Idul Adha 1431 H bertepatan dengan 16 November, Persis dan Al-Irsyad Al-Islamiyyah 17 November.

Dalam sidang isbat tersebut memang muncul perbedaan. Namun akhirnya semua bisa menyetujui istikmal atau menyempurnakan bulan Zulhijah 1431 H, menjadi 17 November. Menurut Nazaruddin Umar, Direktur Jenderal Bimbingan Islam Kemenag, persatuan antarumat sebagai landasan utama dari penetapan itu. Karena itu semua pihak diharapkan bisa memakluminya

Untuk Ucapan Selamat Idul Adha silakan klik disini

>

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright Blogger Mania © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.
My Zimbio