Lirik Lagu Sinopsis Film hjjj
Blackberry LG Mobile Nokia Samsung Sony Ericsson
Klasemen L.Italia Klasemen L.Inggris Jadwal Liga Italia Jadwal Liga Inggris Hasil Liga Champions
Resto Enak di Jakarta Resto Romantis di Jkt Hokben Delivery Bakmi GM Delivery PHD - Pizza Hut
SMS Ultah SMS Malam Minggu SMS Cinta SMS Putus Cinta SMS Imlek Kata-Kata Mutiara Cinta
Tip Facebook Daftar Twitter Tip Ponsel Tip Blog Tip UAN Tip Download

Radiasi Nuklir Jepang Meluas & Skala Radiasi Dinaikkan

Advertisement

Radiasi Nuklir Jepang Meluas dan Skala Radiasi dinaikkan, Untuk kedua kalinya pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi meledak kemarin. Ledakan yang terdengar hingga sejauh 40 kilometer itu melukai 11 teknisi dan mengirimkan asap raksasa ke udara. Dunia pun cemas akan bahaya radiasi yang kian meluas.

Zat radioaktif yang mengandung Cesium-137 dan Yodium-121, misalnya, Radiasi Nuklir Jepang ditemukan pada jarak 97 kilometer dari reaktor Fukushima. Daerah terkontaminasi ini lebih jauh daripada yang diperkirakan sebelumnya, yang ditaksir hanya mencakup radius 20 kilometer.

Badan Keamanan Nuklir Jepang kemarin akhirnya menaikkan level radiasi nuklir Fukushima Daiichi dari empat menjadi lima dalam skala tertinggi tujuh.Ini berarti bahwa krisis nuklir Jepang setara dengan insiden Three Mile Island di Pe n n s y l v a n i a , Amerika Serikat (AS) pada 1979. Berdasar Skala Kejadian Nuklir Internasional (INES), level lima mengindikasikan suatu insiden dengan konsekuensi lebih luas. Adapun level empat mencerminkan insiden dengan konsekuensi lokal.


Keputusan tentang Radiasi Nuklir Jepang yang dikeluarkan Badan Keamanan Nuklir Jepang itu sedikit berbeda dengan Otoritas Keamanan Nuklir Prancis.Mereka menyatakan level insiden pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima telah meningkat menjadi enam,hanya satu level di bawah bencana nuklir Chernobyl pada 1986 yang menempati level tujuh atau teratas. Beberapa saat setelah keputusan Badan Keamanan Nuklir Jepang keluar,Perdana Menteri (PM) Jepang Naoto Kan langsung berpidato.

Keputusan menaikkan level radiasi Fukushima Daiichi dibarengi dengan upaya pendinginan di kawasan PLTN.Kemarin pagi personel militer serta relawan Jepang terlihat masih beroperasi di sekitar PLTN. Mereka terus menyiramkan berton-ton air ke gedung-gedung reaktor Fukushima. Demi mempercepat proses pendinginan, pemerintah secara khusus telah menerjunkan sejumlah tim pemadam kebakaran. Di samping itu, tim teknisi Jepang juga mulai memperbaiki sumber listrik supaya sistem pendingin bisa beroperasi seperti semula.

Evakuasi Warga

Perwakilan negara-negara sahabat di Jepang terus mengevakuasi warga mereka di Tokyo, AS, Inggris, Prancis, Jerman, Australia, dan Selandia Baru termasuk di antara negara-negara yang mengimbau warga mereka untuk meninggalkan Tokyo. Satu pekan setelah gempa bumi dan tsunami mengguncang Jepang, AS dan Inggris menyewa beberapa pesawat untuk mengevakuasi warga mereka di Tokyo dan sekitarnya.

Begitu pula Pemerintah China, yang kabarnya telah mengevakuasi ribuan warga negaranya dari Jepang. AS bahkan telah mengimbau warga yang berada pada radius 80 kilometer dari PLTN Fukushima Daiichi untuk mengungsi ke pusat-pusat penampungan atau langsung pulang ke Negeri Paman Sam.Pesawat sewaan AS pertama yang lepas landas dari Taiwan mengangkut sekitar 100 orang.

Makanan Impor dari Jepang

Bahaya radiasi juga mendorong Korea Selatan, Hong Kong, Singapura, dan Filipina bakal menguji makanan-makanan impor dari Jepang. "Saya kira barang paling berisiko adalah produk-produk makanan, buah dan sayuran segar," ujar Menteri Kesehatan dan Makanan Hong Kong, York Chow, kemarin.

>

2 comments:

Post a Comment

 
Copyright Blogger Mania © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.
My Zimbio